
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 78,6% adalah pengaruh positif dari kepuasan pelanggan dan sisanya 21,4% dari variabel lain yang tidak termasuk dalam wilayah penelitian ini. Dan untuk variabel individu, bukti fisik adalah variabel terkuat yang mempengaruhi kepuasan pelanggan, dan yang kedua adalah daya tanggap, keandalan, dan jaminan tetapi variabel empati tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati terhadap kepuasan pelanggan. Ada 120 responden yang diambil dan data dianalisis dengan menggunakan SPSS 16 untuk dianalisis dengan menggunakan Uji Reliabilitas, Uji Validitas, Uji Multikolinieritas, dan Uji Heteroskedastisitas, Analisis korelasi, Penentu Koefisien, Signifikan dan Hipotesis dalam penilaian Skala Likert. Data diambil dari para tamu yang menginap di Genio Hotel untuk bulan Maret - Mei 2018.

Kualitas layanan seperti buki fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati mempengaruhi kepuasan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan variabel-variabel yang mempengaruhi kepuasan pelanggan di Genio Hotel Manado. The result showed that 78,6% was positive influence of the customers satisfaction and the rest 21,4% was from the other variable that were not in the area of this research. And for individual variable, tangible was the strongest variable influenced the customers satisfaction, and the second was responsiveness, reliability, and assurance but variable empathy was no significant influence to the customers satisfaction. The result of this research showed that there was significant influence of tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy of customers satisfaction. There were 120 respondences were taken and the data were analyzed by utilizing SPSS 16 to be analyzed by using Reliability Test, Validity Test, Multicollinearity Test and Heteroskedasticity Test, Analisis corelation, Coefficient determinant, Significant and Hypothesis in Likert Scale rating. The data were taken from the guests who stay in Genio Hotel for March – May 2018. The service quality like tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy influence the customers satisfaction.

The purpose of this research is to explain the variables which influence customers satisfaction at Genio Hotel Manado.
